Guardiola Tak Lagi Pakai Pita Kuning


Stoke-on-Trent – Tak ada lagi pita kuning di dada manajer Manchester City Pep Guardiola. Meski berat hati melepasnya, Guardiola ingin menuruti aturan yang ada.

Pita kuning yang disematkan Guardiola di bajunya mengundang polemik karena FA menganggap benda itu sebagai simbol politik.
Tapi, Guardiola tak sependapat. Dia memakai pita kuning tersebut sebagai bentuk solidaritas atas ditahannya dua politisi Catalan, Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart, oleh pemerintah Spanyol menyusul referendum kemerdekaan Catalan pada Oktober lalu.

Atas aksinya tersebut, Guardiola pun dijatuhi denda 20 ribu pound sterling atau sekitar Rp 381 juta. FA memang tak menginginkan sepakbola dicampuradukkan dengan politik.
Guardiola akhirnya luluh hatinya dan memutuskan tak lagi memakai pita kuning tersebut saat City mengunjungi Britannia Stadium untuk mengalahkan Stoke City 2-0, Selasa dinihari WIB tadi. Meski demikian, Guardiola sebenarnya tak sepenuh hati melaksanakan aturan FA tersebut.
“Saya menghormati FA. Saya tidak setuju, tapi saya harus menghormatinya. Mereka mengizinkan saya memakainya sebelum dan sesudah pertandingan, jadi ya seperti itu saja,” ujar Guardiola seperti dikutip ESPN.

Sumber: sport.detik.com